Makan (EAT) And Travel

Citrus Lee French Restaurant (Surabaya)

0
Bulan Desember identik dengan perayaan natal. Beberapa kali saya bersama teman-teman merayakan natal bersama dengan makan massal. Tetapi tidak lupa saya sendiri bersama pasangan merayakan Natal dengan makan berdua alias ngedate. Momen ini spesial karena merupakan makan natal pertama saya merayakannya dengan pasangan. Restoran Citrus Lee menjadi tempat tujuan kami merayakannya karena sudah lama sekali tidak makan di tempat ini yaitu sekitar satu tahun lebih.
Saya segera membook beberapa hari sebelumnya karena faktor keterbatasan tempat yang sedikit.


Tampak interior dari restoran seperti terlihat di gambar hanya menampung kurang dari 10 meja sehingga lebih baik reserve terlebih dahulu ketimbang walk in. Malam ini kami memesan dua menu yang berbeda sehingga bisa saling mencoba makanan utama satu sama lainnya. Alaska Sablefish dan Angus Tenderloin 400 Days Grainfed yang kami pesan. Apabila memesan set menu di sini maka appetizer, soup, salad dan dessert termasuk di dalamnya. 



Hidangan pembuka diawali dengan roti hangat beserta butter dan irisan tomat dengan saus yang manis dan segar. Irisan sashimi tunanya terasa segar dan lezat. Tidak butuh lama untuk piring kosong di angkat ketika hidangan selesai disantap.





Petite appetizernya hadir dalam 4 wadah kecil yang terdiri dari escargot, duck magret de canard, shitake & oyster mushroom dan prociutto parma ham. Ke empat appetizer ini terasa enak walaupun porsinya sedikit. Poached egg dan mushroom soup hadir selanjutnya, soup hadir dalam wadah cangkir sehingga kita bisa meminum soupnya langsung dari cangkir tanpa menggunakan sendok. Soupnya terasa kental dan termasuk mushroom jamur tipe ini yang yang saya sukai. Poached egg tidak seperti yang dihadirkan di restoran yang biasanya tawar tanpa saus. Poached egg ini dihadirkan dengan saus kental di bawah telur tersebut, asin dan gurih rasa yang di dapatkan.



Daging tenderloin yang datang di masak dengan tingkat kematangan yang pas dilengkapi dengan 3 saus yang berbeda. Daging terasa juicy tetapi tidak basah mungkin di masak dengan slow roast?
Ikan yang hadir disajikan ala chinese yaitu dengan kuah, kaldu cukup enak tetapi ukuran lumayan kecil. Tidak butuh lama setelah selesai menyantap main course, dessert keluar yaitu vanilla 3 ways creme brulee dan fuji apple 3 ways. Jujur saya lebih suka menikmati yang creme brulee terutama yang rasa truffle karena rasa smoky yang khas.





Tidak terasa kami hampir makan di restoran Citrus Lee ini selama 2 jam. Presentasi, variasi dan rasa makanan yang lezat membuat waktu 2 jam itu terasa singkat. Ini adalah blog post saya terakhir di tahun 2014. Dengan ini saya tidak lupa mengucapkan selamat hari Natal dan Tahun Baru 2015.






Alaska Sablefish Rp 435.000+ (4/5)
Angus Tenderloin 400 Days Grainfed Rp 565.000+ (4.5/5)
(appetizer, soup, salad dan dessert termasuk dalam set menu)

Citrus Lee French Restaurant
Jalan Kutai 12 Surabaya
031-5615192
081-380600080
PIN BB: 73DEA76F
Tiap Senin TUTUP
Buka hanya untuk DINNER


0 comments:

Post a Comment